Kamis, 10 Maret 2011

Tuntaskan Pengangguran Dengan Solusi

Setiap orang pasti memerlukan pekerjaan, setiap tahun semakin bertambah orang yang membutuhkan pekerjaan. Namun sampai saat ini masih banyak orang di luar sana yang belum mendapatkan pekerjaan, selain dari banyak saingan dalam mencari pekerjaan ditambah lagi dengan lapangan pekerjaan yang belum memadai. Pemerintah sampai saat ini belum tangap dengan masalah ini, hanya janji-janji yang bisa pemerintah lakukan, tanpa ada bukti yang bisa di rasakan langsung oleh orang banyak.

Dengan keadaan seperti ini, banyak saudara-saudara kita yang masih dalam keadaan kekurangan. Sedangkan banyak orang bilang, kalau tanah kita tanah surga. Namun sampai sekarang pengelolaan untuk lahan-lahan yang belum produktif belum ada tanggapan dari pemerintah. Padahal jika alam kita yang kaya akan mineral ini bila dieksplor sendiri, mungkin dapat menambah lapangan pekerjaan baru. Namun pemerintah kita belum bisa memanfaatkan dan mengelolanya dengan baik.

Hingga akhirnya kini banyak masyarakat kita yang mencari jalan pintas, banyak juga yang mencoba peruntungannya ke negara tetangga menjadi TKI (Tenaga Kerja Indonesia). Banyak juga masyarakat yang sukses di luar sana, dan banyak juga yang berpulang ke tanah air dengan di relung duka. Sudah banyak contoh kasus yang tidak mengenakan yang menimpa saudara-saudara yang menjadi korban kekerasan di negeri orang. Namun cukup di sayangkan, aparat pemerintah di negeri ini belum tanggap dengan segala pemasalahan yang menimpa saudara kita di sana. 

Kalau sudah begini mau menyalahkan siapa? Masyarakat atau pemerintah? Coba kalau di negeri ini bisa jalan seiringan dan besama-sama menbangun negeri yang kaya akan tanah subur dan lautan.  Tetapi sudah banyak fakta, orang-orang besar di sana cuma mementingkan diri sendiri dan kelompoknya, tanpa memikirkan orang lain di sekelilingnya. Memang cukup miris bila mendengar di negeri ini banyak pengangguran dan banyak orang yang hidupnya kekurangan apa lagi ada yang terkena busung lapar dan lainya.

Peran masyarakat serta pemerintah memiliki kontribusi yang besar dalam membangun negeri ini, serta menjadikan masyarakat yang berkualitas dan berkompeten di segala bidang. Sebenarnya banyak masyarakat kita yang cukup kreatif dalam segala hal, contohnya dalam kerajinan, tenun dan lainya. Namun sayangnya kurang ada respon positif dari pemerintah daerah hingga masih banyak orang yang tadinya mendirikan home industry terputus di tengah jalan. 

Pemerintah harusnya lebih bisa memperhatikan industri-indurtri rumahan seperti ini. Dengan terjaga dan saling percaya antara pemerintah dengan pelaku bisnis kecil, pasti akan banyak lagi terbukanya lapangan pekerjaan bagi mereka yang membutuhkan. Selain itu dapat menambah penghasilan pajak daerah. Di luar sana masih banyak industri-industri kecil yang harus berhenti beroperasi di karenakan di tidak adanya modal lagi untuk menjalankan usahanya. 

Begitupun di bidang pertanian, masih banyak lahan-lahan kosong di negeri ini yang belum terjamah dan dieksplor. Padahal kalau pemerintah tanggap dalam keadaan seperti ini, pemerintah bisa membuka lahan yang kosong menjadi lapangan pekerjaan bagi masyarakat kecil, dengan cara mulai membuka lahan pertaian dari palawija dan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar