Kamis, 10 Maret 2011

Pembelajaran Investasi

Dalam menyikapi semua permasalahan perekonomian di negara ini tidak cukup hanya dengan kata-kata atau janji, tetapi harus aktif, kreatif, produktif dan inovatif dalam mengambil suatu keputusan. Apalagi bila sudah menyangkut dengan orang banyak, harus benar-benar dipikirkan dan dicermati secara mendalam. Karena bila salah saja sedikit di awal, dapat berdampak negatif ke belakangnya. 

Seperti dalam menanam saham (investasi), kita harus benar-benar dapat membaca situasi dan kondisi yang ada. Bila tidak, mungkin akan cepat tergelincir dalam mengelola dan mengembangkan suatu usaha. Sebagai contoh investasi di bidang boga, kita harus bisa membaca mangsa pasar. Selain mempertimbangkan apa yang diperlukan oleh masyarakat sebagai pangsa pasar, tempat juga menjadi pertimbangan penting dalam berinvestasi. Tempat juga penting akan kemajuan usaha yang akan kita kelola, karena bila salah dalam perhitungan akan cepat tergerus dengan pesaing lain.

Dalam berinvestasi, kita harus berani dalam melangkah dan mengambil keputusan. Yang terpenting jangan cepat putus asa dalam mencari suatu peluang bisnis yang ada, biasanya banyak yang baru mencoba tetapi tidak cukup nyali untuk menghadapi suatu tantangan bersaing dalam bisnis dan pada akhirnya harus berhenti di tengah jalan. 

Dengan berinvestasi kita dapat belajar dalam segala hal. Pembelajaran itu tidak hanya dengan datang ke kampus atau sekolah, kita dapat belajar di luar sana. Yang mungkin efeknya dapat kita rasakan langsung, mungkin juga kita dapat bisa langsung mengetahui jawabannya dengan sendiri. Dengan mencoba berinvestasi, berarti kita sudah mencoba untuk hidup mandiri dan tidak terus ketergantungan dengan orang lain. Dengan membuka usaha kecil-kecilan pun kita sudah bisa disebut sebagai wirausaha, tetapi dalam berinvestasi juga kita harus pintar dan cermat dalam mencari partner dalam suatu usaha.

Karena dapat berpengaruh dengan apa nantinya yang akan kita dapat kelak, dan dengan cara memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya pun kita bisa dengan cepat mengembangkannya. Tetapi ada juga rugi dalam berinvestasi, selain kerja sama dapat terputus dan juga uang kita tidak ada yang bisa menjamin bisa kembali dengan utuh. Disinilah kita harus lebih pintar dan cermat dalam memanfaatkan suatu peluang, karena tidak ada salahnya untuk mencoba hal yang baru selama kita yakin pasti bisa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar