Rabu, 05 Januari 2011

Pengaruh Teknologi Dalam Menciptakan Bisnis

Perkembangan zaman kini semakin pesat dari tahun ke tahun. Berbeda dengan zaman sebelumnya, kini semuanya serba otomatis dan canggih. Pangsa pasar juga semakin menggeliat seiring dengan perkembangan teknologi. Jika kita sebagai warga negara tidak cepat tanggap dengan segala perubahan dan perkembangan ini kemungkinan kita akan tertinggal jauh.


Sebagai contoh, kini seorang anak yang berusia 5 atau 6 tahun saja sudah mengenal dan dapat menggunakan handphone serta tidak sedikit pula yang memang sengaja diberikan fasilitas oleh orang tuanya. Ditambah lagi kini dengan kehadiran internet, semua kalangan selalu menggunakannya. Disitu kita bisa melihat dan mendengar apa yang kita cari tanpa perlu pergi untuk sengaja melihat apa yang kita inginkan.Apalagi, internet tidak hanya dapat dilihat dari media komputer tetapi sudah dapat diakses melalui handphone.

Perkembangan teknologi yang berjalan sangat pesat khususnya internet memiliki peranan yang signifikan dalam seluruh aspek kehidupan mulai dari politik, kesehatan, pendidikan, sampai dunia bisnis. Banyak pengusaha atau perusahaan yang memanfaatkan media internet baik untuk memulai, memperkenalkan, maupun melebarkan sayap dunia bisnis mereka. Saat ini dapat kita lihat banyak situs-situs tertentu baik free maupun komersil yang berisi mengenai bisnis yang mereka jalankan. Situs-situs itu dapat berupa blog pribadi, blog wirausaha, melalui fasilitas facebook, ataupun situs milik sendiri.

Tidak dapat dipungkiri bahwa situs-situs itu kini sangat berkembang pesat di kalangan masyarakat dan telah memberikan kontribusi yang cukup tinggi pula. Melalui media internet, seorang pengusaha tidak perlu memperkenalkan perusahaannya dengan mengirimkan company profile ke perusahaan lain, tetapi cukup menguraikannya di dalam situs perusahaan. Tampilannya pun akan terlihat lebih menarik dibandingkan tampilan dalam bentuk kertas atau buku. Bagi pengelola bisnis, pemanfaatan fasilitas internet hendaknya dapat digunakan dengan baik agar dapat memberikan hasil yang maksimal.

Banyak orang yang sudah memetik hasil dari usaha memulai bisnis awalnya melalui internet. Bisnis yang ditawarkan pun bermacam-macam seperti bisnis penjualan kosmetik, obat-obatan, jasa, pakaian, aksesoris, dan sebagainya.

Pemanfaatan media internet berupa situs atau website juga tidak hanya dimanfaatkan oleh perusahaan swasta. Kini, departemen-departemen pemerintahan dan lembaga negara lain pun sudah memiliki situs sendiri. Dengan situs-situs tersebut, masyarakat dengan mudah dapat mencari informasi yang dibutuhkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar